Responsive Ads Here

Sunday, August 09, 2020

Koordinat Cartesius


Salam sehat...

Semoga hari-hari kita senantiasa dalam lindungan Allah swt dan diberikan keberkahan di dalam setiap ucapan dan langkah kita.


Di masa pandemi, pembelajaran tidaklah dilakukan dengan tatap muka, tetapi diganti dengan daring atau dalam istilah lain adalah pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran Jarak Jauh ini tidak hanya untuk jenjang pendidikan tinggi saja, tetapi mulai dari dasar, yakni mulai dari Paud sampai perguruan tinggi. Dengan dilakukannya PJJ ini, diharapkan para peserta didik senantiasa tidak lepas begitu saja dari belajar.

Pada Pembelajaran matematika kelas 8, terdapat materi tentang koordinat kartesius. Berikut akan saya sampaikan materi yang diambil dari BSE Kemdikbud


KOMPETENSI DASAR

3.2 Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual

4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kedudukan titik dalam bidang koordinat kartesius


KATA KUNCI

1. Titik Asal

2. SUmbu-X

3. SumbuY

4. Garis-garis sejajar

5. Garis-garis tegak lurus

6. Garis-garis berpotongan


PETA KONSEP



Tokoh Cendikiawan



SISTEM KOORDINAT

Sistem koordinat adalah suatu metode atau cara untuk menentukan letak suatu titik pada grafik. Terdapat beberapa macam sistem koordinat, diantaranya adalah Sistem koordinat kartesius, sistem koordinat kutub, sistem koordinat tabung dan sistem koordinat bola. Pada kesempatan kali ini, yang dibahas adalah sistem koordinat kartesius dan kutub.

berikut ilustrasi sistem koordinat :

Posisi Titik terhadap SUmbu-X dan Sumbu-Y



No comments:

Post a Comment